InMind Institute Buka Kuliah Spesialisasi Timur Tengah

Penulis: Direktur Hubungan Masyarakat dan Media Ahmad Tombak Al Ayyubi, S.Sos., M.Si.

Dalam rangka memberi kesempatan kepada mahasiswa dan masyarakat umum untuk memperdalam pemahaman mengenai Timur Tengah, Inisiatif Moderasi Indonesia (InMind) Institute menyelenggarakan rangkaian webinar yang diberi nama Kuliah Spesialisasi Timur Tengah.

Kuliah informal ini menghadirkan duta besar, profesor, dosen, dan narasumber lain yang mengetahui secara langsung dan mendalam isu di negara-negara Timur Tengah, termasuk Mesir, Palestina, Syiria, Irak, Iran, Yaman, dan Israel. Turut akan dibahas dalam kuliah ini pengaruh negara-negara adi daya, seperti Amerika Serikat (AS), Rusia, dan China terhadap negara-negara Asia Barat ini.

Topik yang ada dibahas mencakup:

  1. Geopolitik Timur Tengah di Tengah Kepentingan Dunia yang akan dibahas oleh Dosen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia (UI) Shofwan Al Banna, Ph.D.
  2. Aktor Regional dan Poros Baru di Timur Tengah yang akan dibahas oleh Research Fellow University of Exeter Inggris sekaligus Dosen Ilmu Politik UI Syahrul Hidayat, Ph.D.
  3. Konflik Palestina – Israel yang akan dibahas oleh Duta Besar RI untuk PBB periode 2004 – 2007 Prof. Makarim Wibisono
  4. Irak, Yaman Syiria dan Iran Pasca ‘Arab Spring’ yang akan dibahas oleh Dosen Program Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Asep Setiawan
  5. Dinamika Politik di Mesir yang akan dibahas oleh Peneliti Utama Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Drs. Hamdan Bashar, M.Si.
  6. Kepentingan Amerika Serikat (AS) terhadap Timur Tengah yang akan dibahas oleh dosen sekaligus Ketua Laboratorium Sejarah UI Dr. Agus Setiawan
  7. Kepentingan Cina dan Rusia di Timur Tengah yang akan dibahas oleh Dosen Rusia UI Dr. Ahmad Fahrurodji
  8. Moderasi dan Post-Islamisme di Timur yang akan dibahas oleh dosen sekaligus Ketua Program Studi Wilayah Timur Tengah dan Islam UI Yon Machmudi, Ph.D.
  9. Model Kerjasama Indonesia – Timur Tengah: Studi Kasus Uni Emirat Arab yang akan dibahas oleh Diplomat Senior Kementrian Luar Negeri RI Dede Ahmad Rifai

Para peserta yang menghadiri seluruh sesi webinar akan mendapatkan sertifikat dari InMind Institute. Biaya pendaftaran untuk sembilan sesi ini berjumlah 150.000 Rupiah bagi mahasiswa dan 300.000 Rupiah bagi masyarakat umum. Untuk mendaftar dan bertanya lebih lanjut, Anda dapat menghubungi
Yasmin (Https://wa.me/+6287883417741) atau Farid (Https://wa.me/+6281212245945).

Hits: 48