Memahami Dinamika Timur Tengah

Tidak mudah memang memahami dinamika Timur Tengah dalam waktu cepat. Apalagi Timur Tengah merupakan kawasan yang terdiri dari puluhan negara dengan berbagai keunikan sosial budaya, sejarah maupun politik yang mereka miliki. Timur Tengah juga memiliki hubungan khusus negara-negara Barat, baik itu bersifat  loyal maupun antipati. Kawasan ini dalam kurun waktu yang sangat lama pernah menjadi tempat bagi berkecamuknya perang dingin yang melibatkan Amerika Serikat dan Uni Soviat (Rusia). Hingga kini sisa-sisa perang dingin masih dapat dirasakan. Di sinilah beragam kepentingan yang melibatkan kedua negara adi daya itu dipertontonkan dalam bentuk konflik maupun aliansi. Akankah Timur Tengah bergerak menjadi wilayah yang damai, makmur dan demokratis serta mampu membebaskan diri kepentingan-kepentingan asing?

Mengingat Timur Tengah selalu menjadi isu yang menarik dari waktu ke waktu maka tidak berlebihan kalau buku ini diberi judul Timur Tengah dalam Sorotan. Buku ini merupakan upaya penulis untuk memudahkan pembaca di Indonesia dalam memahami persoalan di Timur Tengah yang sangat kompleks. Gambaran Timur Tengah yang kompleks dibahas secara komprehensif dengan penekanan pada perspektif Indonesia dalam memandang setiap persoalan dan isu di Timur Tengah.  Dengan membaca buku ini diharapkan pembaca dapat merangkaikan berbagai puzzle tentang isu-siu Timur Tengah mulai dari sejarah, konflik, Arab Spring dan masa depannya. Dari sini pembaca diharapkan memiliki pengetahuan yang memadai dan mampu menempatkan kepentingan Indonesia dalam merespon dinamika di Timur Tengah. Ini karena kerap kali kejadian-kejadian di Timur Tengah juga mempengaruhi kondisi di Indonesia.

Sejauhmana Indonesia mampu memerankan diri dan diakui perannya dalam perdamaian di Timur Tengah dan akankah Indonesia ke depan  menjadi mitra penting bagi negara-negara di Timur Tengah?  Temukan jawabannya dalam buku ini.

Informasi Buku

Judul               : Timur Tengah dalam Sorotan: Dinamika Timur Tengah dalam Perpektif Indonesia

Penulis            : Yon Machmudi, Ph.D

Penerbit          : Bumi Aksara, Jakarta

Halaman         : x250 halaman

Cetakan           : 1 2021

ISBN               : 978-602-444-897-4

Hits: 33