Rakyat dan Pemimpin Perlu Semakin Berakhlak dalam Hadapi COVID-19

Penulis: Direktur Hubungan Masyarakat dan Media InMind Institute Ahmad Tombak Al Ayyubi, S.Sos., M.Si.

Direktur Eksekutif Inisiatif Moderasi Indonesia (InMind) Institute Yon Machmudi mengungkapkan dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan pandemi COVID-19, baik rakyat maupun pemimpin perlu untuk meningkatkan akhlak atau sikap baik.

“Rela berkorban, pemaaf, kemudian tidak merasa malu kalau bersalah untuk meminta maaf. Itu sikap-sikap yang harus dikembangkan dan tidak datang sendiri. Menjadi tanggung jawab kita dalam menghadapi pandemi COVID-19 bagaimana sikap unggulan itu kemudian muncul, tidak harus dipaksakan, tidak harus diberi represi, baru orang bertanggung jawab,” ungkap Yon saat webinar berjudul Inovasi Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Kebangsaan yang diselenggarakan menggunakan Zoom dan Live Youtuube pada Senin (31/8) siang.

Webinar ini diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Daerah Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (DPD PGK) Mataram dan InMind Institut. Webinar ini menghadirkan keynote speaker Juru Bicara Presiden RI Muhammad Fadjroel Rahman serta narasumber mencakup Direktur Eksekutif Inisiatif Moderasi Indonesia (InMind) Institute Yon Machmudi, Wakil Rektor 1 Universitas HAMKA Jakarta Abdul Rahman A Ghani, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tukiran Taniredja, Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia E Mulyasa, dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi. Moderator acara ini Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (DPD PGK) Mataram Arifudin.

Yon Machmudi yang juga Kepala Program Studi Kajian Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia (PSKTTI UI) menyampaikan tidak hanya rakyat yang perlu diajak meningkatkan akhlak, namun para pemimpin di pemerintahan dan organisasi masyarakat juga harus meningkatkan akhlak yang unggul.

“Berakhlak itu tidak hanya bagi masyarakat tapi juga bagi pemimpin dan organisasi kemasyarakatan. Kalau semuanya bersatu padu dalam akhlak dan karakter yang unggul, ini akan menjadi modal,” ungkap Yon.

Webinar ini dapat ditonton kembali pada Live Streaming YouTube dalam link
https://youtu.be/7EfYKjZ0F2I

sumber gambar: https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/kasus-covid-19-pertama-masyarakat-jangan-panik

Hits: 20